Cara Meningkatkan Kinerja Android Tanpa Root Yang Patut Anda Coba

Seiring dengan perkembangan ponsel Android yang semakin canggih, dalam pembuatan ponsel pintar ini telah dibekali berbagai fitur untuk membuat performanya menjadi lebih baik. Nyatanya, saat ini banyak sekali ponsel Android yang berkinerja sangat cepat karena adanya fitur tambahan tersebut.

Anda pada dasarnya akan menemukan penurunan performa ponsel Android ini bila ponsel sudah digunakan dalam waktu yang lama. Buat kamu yang kurang begitu memperhatikan kondisi RAM atau juga ketersediaan tempat penyimpanan akan menyebabkan hp kamu menjadi lemot. Nah untuk mengatasi hal tersebut disini akan kami berikan cara untuk meningkatkan performa ponsel android tanpa melakukan root.

Meski bisa dibilang hal ini tidak terlalu serius, namun bisa dikatakan cukup mengganggu bagi kalian yang terbiasa dengan ponsel super cepat dalam menjalankan performanya. Jika Anda menemukan masalah ini, Anda dapat menerapkan cara-cara untuk meningkatkan kinerja Android tanpa root agar ponsel Anda berjalan secepat biasanya.

Berikut beberapa cara Anda dapat mencapai ini.

Non-aktifkan live wallpaper

Untuk cara meningkatkan kinerja Android tanpa root, yang pertama adalah mematikan penggunaan wallpaper hidup. Penggunaan live wallpaper ini konon menghabiskan RAM yang sangat besar dibandingkan dengan wallpaper pada umumnya.

Karena itu, hindari memasang wallpaper hidup di ponsel Anda. Dengan menggunakan wallpaper biasa, RAM Anda tidak akan terpakai dalam jumlah yang banyak. Baca tutorial lainnya di android62.com.

Jangan gunakan aplikasi yang tidak perlu

Jangan menggunakan aplikasi secara berlebihan, gunakan saja aplikasi sesuai kebutuhan. Penggunaan aplikasi yang tidak perlu ini akan membantu menjaga kinerja ponsel agar tidak terlalu lambat.

Nonaktifkan jaringan yang tidak perlu

Hal lain yang perlu dipahami ketika ingin meningkatkan kinerja ponsel Android Anda adalah dengan menerapkan cara untuk meningkatkan kinerja Android tanpa root berupa menonaktifkan jaringan yang sudah tidak digunakan lagi. Cara ini nantinya tidak akan membuat hp kamu panas dan tentunya juga menghemat baterai. Misalnya, jika Anda menggunakan wifi, Anda dapat menggunakan mode pesawat untuk menghemat baterai.

Bersihkan memori internal

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap ponsel Android selalu didesain dengan memori internal yang sangat besar. Namun, Anda tidak disarankan menggunakan secara bebas dengan berbagai aplikasi yang kurang bermanfaat. Jadi, jika Anda memiliki memori internal 10GB, maka Anda hanya dapat menggunakan 9GB tidak lebih.

Selalu mencoba untuk membersihkan RAM

Untuk cara meningkatkan performa Android tanpa root, hal berikutnya adalah selalu membersihkan RAM. Cara ini bisa dilakukan dengan menutup aplikasi yang ada di background saat sudah tidak dibutuhkan lagi. Pasalnya, RAM yang digunakan sangat banyak akan menghambat kinerja ponsel. Karena itu, pastikan Anda rutin membersihkannya.

Lakukan install ulang

Layaknya komputer, ponsel Android Anda juga perlu di-instal ulang agar bisa membantu meningkatkan kinerja ponsel tersebut. Tindakan instal ulang akan membersihkan bug yang sering menyebabkan Android lambat. Pastikan kamu instal ulang dengan tetap menyesuaikan merk dan type HP kamu saat ini.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kinerja Android Anda tanpa root yang dapat Anda lakukan agar Anda dapat menggunakan smartphone Android Anda dengan lebih baik. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengurangi konsumsi RAM, menghapus instalan aplikasi yang tidak digunakan, tidak menggunakan wallpaper animasi, dan sebagainya. Dengan cara ini, Anda akan dapat terhindar dari telepon seluler yang kemudian menjadi lamban dari sistem kerjanya.

 

Tulisan ini dipublikasikan di Tips. Tandai permalink.